Game Edukasi untuk Perkembangan Anak

Untuk menunjang perkembangan kognitif si kecil, orang tua perlu untuk memberikan game edukasi untuk si buah hati. Karena anak-anak hingga pada usia 3 tahun kehidupan layaknya menjadi seorang profesor yang senantiasa bereksperimen tiap harinya. Selalu rajin bertanya kepada orang tua dan membandingkan-bandingkan berbagai hal yang satu dengan yang hal lainnya.

Pada tahun pertamanya seorang anak mungkin akan lebih mengeksplorasi benda-benda yang terlihat dan ada di sekitarnya, hingga nanti pada usia 3 tahun ia sudah menguasai banyak perbendaharaan kata yang kemudian dari kumpulan kata yang sudah dikuasainya itulah ia akan bertanya pada orang tua.

Perlu untuk anda perhatikan bahwa balita dunianya adalah bermain, ia akan menggunakan permainan sebagai salah satu cara untuk mengeksplorasi dunia. Dari situlah mereka akan mengasah kemampuan kelima indera yang ada, mulai dari indera penglihatan, penciuman, perasa, peraba dan pendengaran.

Mungkin anda pernah melihat atau menemui saat ada balita berusia satu tahun yang kemudian diberikan sebuah gadget atau smartphone ia akan selalu mengunyahnya, karena ya, ia belum mengerti bagaimana cara menggunakan benda tersebut, belum bisa membedakan mana makanan dan mana mainan. Jadi pada usia inilah peran orang tua untuk senantiasa memperhatikan setiap saat menjadi sangat penting demi tumbuh kembang terbaiknya.

Memilih Game Edukasi yang Tepat untuk Balita

Mungkin sebagian besar dari kita ketika menyebut nama Game maka otomatis akan terlintas sebuah permainan yang ada di dalam HP atau Komputer. Padahal sebenarnya tidak seperti itu, pada usia anak 1 tahun misalnya, permainan semacam itu justru bukan jenis permainan yang tepat untuknya. Lebih baik bagi orang tua untuk memberikan mainan sederhana seperti mengenalkan kepadanya anggota tubuh, permainan cilukba dll.

Game Edukasi untuk Perkembangan Anak

Nah ketia ia sudah berusia 2-3 tahun, anda sudah bisa memperkenalkan jenis permainan yang ada di hp atau komputer, namun untuk hal ini tentu harus ada pertimbangan yang baik terlebih dahulu. Pada usia ini, si kecil biasanya akan melakukan apa saja untuk menjawa semua rasa penasarannya pada dunia sekitar.

Baca juga :  Permainan Edukasi dan Pelajaran Anak TK

Ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan anda dalam memberikan permainan edukasi pada si kecil:

  • Kepolosan Anak-Anak

Pada usia balita, ia sama sekali belum mampu untuk membedakan mana yang nyata dan mana yang berpura-pura, semisal ia melihat sebuah karakter dalam layar hp maka ia akan dengan sangat mudah akan membawa karakter tersebut ke dunia nyata. Hal lain yang juga perlu anda ketahui adalah kepolosan mereka tentang perasaan, mereka berpikir bahwa anda sebagai orang tua bisa mengerti semua apa yang ia rasakan hingga terkadang tidak sedikit orang tua yang salah mengartikan dan memberikan pengertian.

  • Tahap Kognitif

Pada tahan perkembangan kognitif membuat balita akan senantiasa menggunakan semua indera yang dimilikinya, seorang balita akan mengeksplorasi semuanya menggunakan penglihatan, rasa, setuhan, suara dan indera perasa. Maka tidak heran jika kemudian ia menjilat atau membuang atau bahkan membanting hp yang anda berikan.

  • Rasa Penasaran yang Tinggi

Namanya juga anak-anak yang jika ia merasa penasaran maka ia akan segera mencari tahu jawaban dari rasa penasaran yang terlintas dipikirannya. Nah, jika anda memutuskan untuk memberikan game dalam gadget, maka pastikan dalam game tersebut tidak banyak iklan yang muncul sehingga si kecil tidak akan klik sembarangan yang bisa jadi mengarah pada link-link yang tidak anda kehendaki untuk di buka oleh si kecil.

Jenis Game yang Cocok untuk Balita

Dibawah ini adalah game rekomendasi yang tentu akan baik untukĀ  perkembangan buah hati dan juga tidak akan membuatnya bosan:

  • Farm123

Jenis game yang akan mengajari buah hati untuk berhitung dalam beberapa tingkat kesulitan, Tampilan yang tersedia dalam game ini juga tergolong menarik untuk balita sehingga proses belajar akan lebih menyenangkan baginya.

  • Endless Alphabet

Basik permainan ini adalah membangun kata-kata yang tiap hurufnya akan diiringi dengan suara fonetik dalam aksen yang lucu serta dirangkum dengan animasi yang menarik untuk balita. Karena aksen yang lucu inilah yang memungkinkan si kecil untuk menirunya. Permainan ini akan sangat baik untuk mengajarkan beberapa kata sederhana yang akan dengan mudah diingat oleh si kecil.

  • ABC Kids
Baca juga :  Permainan Edukasi dan Pelajaran Anak TK

Merupakan salah satu jenis game yang akan mengajarkan pendidikan sederhana untuk memperkenalkan huruf dengan phonics dan melacak, game ini termasuk jenis game edukasi yang memenuhi syarat tahap perkembangan kognitif balita karena mengajarkan menggunakan indera pendengaran dan indera peraba dalam membentuk huruf abjad.

Itulah beberapa game edukasi yang menunjang perkembangan anak yang bisa anda berikan untuk buah hati anda. Selain itu, permainan diluar ruangan juga akan sangat diperlukan, jadi baiknya adalah menjadwalkan waktu bermain dengan hp dan juga waktu bermain diluar.

Share Artikel ini...

Author: MasBied.com

Lovely Father. Romantic Husband. Teacher. Motivator. Influencer.