Kenapa Anak 1 Tahun Susah Makan

Anak kecil yang susah makan sepertinya sudah menjadi masalah umum yang terjadi dan banyak dikeluhkan oleh kebanyakan orang tua terutama pada orang tua yang memiliki anak usia 1 sampai 5 tahun, pada usia ini tidak mudah untuk merayu anak yang susah makan untuk dapat mengkonsumsi makanan-makanan tertentu yang seharusnya ia konsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

Lalu bagaimana cara mengatasi anak susah makan? Sebelum mencari jawaban dari pertanyaan tersebut ada baiknya bagi anda untuk mengetahui penyebab anak susah makan terlebih dahulu.

Penyebab Anak 1 Tahun Susah Makan

Kenapa Anak 1 Tahun Susah Makan

Anak-anak yang selalu pemilih dalam mengkonsumsi makanan, hanya mau mengkonsumsi makanan yang ia suka saja biasanya disebut dengan istilah picky eater. Umumnya masalah picky eater ini banyak terjadi pada usia 2-3 tahun, namun jika tidak diatasi dengan cara yang tepat hal ini bisa berlanjut hingga ia berusia 6 tahun. Untuk mengatasi hal ini anda bisa melakukan beberapa cara berikut:

  • Tidak memberikan hukuman pada anak karena tidak mau mengkonsumsi makanan yang ia butuhkan.

Sebagai orang tua anda dituntut untuk lebih kreatif dalam menyajikan makanan, baik dalam bentuk atau warna makanan berbeda-beda namun tetap memperhatikan kandungan makanan yang anda sajikan.

  • Buatlah suasana makan yang nyaman dan disukai oleh anak-anak.

Dalam beberapa kasus, anak disuap makanan mau tapi hanya diemut saja, tidak lantas dikunyah lalu ditelan. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, diantara adalah karena adanya gangguan dalam saluran pencernaan, sakit gigi, atau karena sakit pada bagian tenggorokan. Dan untuk mengatasi hal semacam ini berikut yang bisa anda lakukan:

  • Periksakan si kecil ke dokter, pastikan bahwa tidak ada penyakti pada mulut atau tenggorokannya.

Tidak perlu memaksakan si kecil untuk mengunyah makanan, anda hanya perlu menjelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh si kecil bahwa makanan seharusnya dikunyah lantas ditelan.

Sebelum mencoba cara diatas, anda bisa mencoba memberikan makanan dalam jumlah sedikit atau suapan kecil tidak terlalu banyak.

Adalagi masalah selain yang terjadi diatas yaitu ketika si kecil merasa terus menerus kenyang, atau merasa tidak lapar sehingga tidak ada minat sama sekali untuk mengkonsumsi makanan. Untuk menghindari hal semacam ini berikut yang bisa anda lakukan:

  • Mengatur kembali jadwal makan.
  • Penjadwalan jam makan tidak hanya untuk makan wajib/besar, tapi juga termasuk pada makanan cemilan.
  • Sebaiknya acara makan nya tidak terlalu lama, tidak sampai 30 menit, hentikan makan jika sudah melebihi waktu tersebut meskipun makanan belum habis, lalu berikan selingan makanan lainnya.
Baca juga :  Makanan Kaya Vitamin untuk Anak

Nah selain dengan cara diatas, anda juga perlu memperhatikan bahwa anak kecil juga memiliki alergi terhadap makanan tertentu. Bisa jadi dengan mengkonsumsi makanan tertentu ia akan mengalami gatal-gatal atau gejala lainnya. untuk mengatasi hal semacam ini anda perlu membawa si kecil ke dokter guna penanganan lebih lanjut.

Share Artikel ini...

Author: MasBied.com

Lovely Father. Romantic Husband. Teacher. Motivator. Influencer.