Personality Plus | Belajar Memahami Watak Orang Lain : Watak Koleris

Postingan ini adalah postingan terkait, sebaiknya baca artikel lainnya setelah membaca artikel ini. Postingan ini diambil dari sari buku “Personality Plus” karya Florence Litteur. Ada baiknya anda membaca bukunya secara langsung. Insya Allah akan membantu mengenali kepribadian diri.

Orang Koleris yang Kuat adalah orang yang dinamis, memimpikan hal-hal mustahil dan bertujuan meraih bintang yang di luar jangkauannya. Koleris yang Kuat selalu mengincar, meraih, berhasil. Sementara orang Sanguinis bicara, orang Melankolis berpikir, orang Koleris yang Kuat mencapai. Dia punya watak yang paling mudah dipahami dan mudah diajak bergaul, selama anda hidup mengikuti peraturan emasnya : “Lakukan dengan cara saya, SEKARANG!”.

Orang Koleris yang Kuat mirip dengan Sanguinis yang Populer dalam hal mereka sama-sama mudah bergaul dan optimistis. Orang Koleris yang Kuat bisa berkomunikasi secara terbuka dengan orang lain, dan dia tahu segala-galanya akan beres – selama dia memegang pimpinan. Dia lebih banyak menyelesaikan pekerjaan daripada watak-watak lainnya, dan dia memberi tahu Anda dengan jelas di mana dia berdiri. Karena orang Koleris yang Kuat berorientasi tujuan dan mempunyai kualitas kepemimpinan bawaan, dia biasanya menanjak ke puncak karir apa saja yang dipilihnya. Mayoritas pimpinan partai politik dunia terutama orang Koleris yang Kuat.

Dilahirkan sebagai Pemimpin. Orang Koleris yang Kuat akan memperlihatkan sikap mengambil pimpinan sejak masa dini kehidupannya. Mereka dilahirkan sebagai pemimpin dan akan melihat ke luar dari terali ranjang bayinya serta merencanakan sepepat apa dia akan mengambil alih kekuasaan dari Ibu.

Sangat memerlukan perubahan. Orang Koleris yang Kuat serba bisa memaksa dan mereka merasa harus mengubah apa saja yang mereka lihat tidak pada tempatnya dan mengoreksi apa saja hal tidak benar yang diberlakukan terhadap orang yang tidak berdaya. Orang Koleris yang Kuat dengan cepat bangkit untuk melakukan perjuangan dan kampanye demi kebenaran. Mereka tidak pernah tidak peduli atau masa bodoh tetapi penuh perhatian dan penuh keyakinan.

Orang Koleris yang Kuat meluruskan lukisan di rumah orang lain dan menggosok perabotan perak di restoran.

Baca Juga :  Personality Plus | Belajar Memahami Watak Orang Lain : Watak Phlegmatis

Berkemauan Kuat dan Tegas. Pada saat orang lain tidak dapat mengambil keputusan, orang Koleris yang Kuat akan memutuskan dengan seketika. Mereka memecahkan masalah dan menghemat waktu, walaupun tidak semua orang menghargai ketegasan mereka.

Orang Koleris yang Kuat mempunyai peranan yang berat dalam kehidupan. Mereka memiliki jawabannya, mereka tahu apa yang harus dilakukan, mereka bisa membuat keputusan dengan cepat, mereka menebus orang lain keluar, tapi mereka jarang populer karena kepastian dan sifat asertif mereka membuat orang lain merasa tidak aman, dan kemampuan mereka untuk memimpin dengan mudah bisa membuat mereka tampak sok berkuasa.

Bisa Menjalankan Apa Saja. Orang Koleris yang Kuat bisa menjalankan apa saja, apakah mereka memiliki pengetahuan hukum sampingan atau tidak. Orang Koleris yang Kuat secara alami melihat jawaban yang praktis terhadap masalah hidup dan tidak bisa membayangkan mengapa tidak ada orang lainnya yang memikirkan gagasan yang tepat.

Berorientasi Tujuan. Orang Koleris yang Kuat selalu lebih tertarik untuk mencapai tujuan daripada menyenangkan orang lain. Ini merupakan hal yang sekaligus positif dan negatif, dalam hal bahwa mereka cenderung menuju puncak sendirian. Orang Koleris yang Kuat selalu melakukan pekerjaan secara lebih baik kalau mereka bisa menyingkirkan apa yang menjadi hambatannya. Mereka kerap kali menjadi penyendiri, bukan atas kemauan sendiri, tetapi karena tidak ada seorang pun yang bisa mendampingi mereka, dan mereka membiarkan orang lain tau bahwa mereka merupakan rintangan bagi kemajuan.

Mengorganisasi dengan Baik. Orang yang tidak tahu kemana dia akan pergi tidak akan sampai ke sana, dan Orang Koleris yang Kuat adalah orang yang ahil dalam organisasi masalah seperti itu hingga dapat sampai ke tujuan dengan cepat dan tepat.

Mendelegasikan Pekerjaan. Aset orang Koleris yang Kuat yang terbesar adalah kemampuannya mencapai melebihi siapapun juga ainnya, dibantu oleh bakatnya mengorganisasi. Kalau dia melihat tugas, seketika dia tahu bagaimana tugas itu harus ditangani, dan dia membagi proyek-proyek itu menjadi bagian-bagian pekerjaan secara mental. Dia tau bantuan apa yang akan diperolehnya dan dengan cepat dia membagi-bagi tugas di antara kelompok.

Baca Juga :  Mengenali Watak & Kepribadian Melankolis Sang Perfeksionis

Berkembang Karena Tantangan. Orang Koleris yang Kuat bukan hanya suka mencapai tujuan, teatpi mereka juga berkembang karena tantangan. Kalau orang sanguinis berhasil dalam suatu tugas, dan seseorang mengatakan itu tidak bisa dilakukan, mereka mengucapkan terima kasih kepada orang itu, dan berhenti berusaha. Orang Melankolis yang Sempurna menyesali waktu yang mereka lewatkan dan merencanakan dan menganalisa situasi, dan orang Phlegmatis yang damai bersyukur kalau itu tidak dapat dilakukan, sebab sejak semula baginya hal itu kedengaran mirip sekali dengan pekerjaan. Tapi bagi orang Koleris yang Kuat, jika kita mengatakan itu mustahil, hal itu hanya akan menambah semangatnya untuk bisa melakukannya.

Tidak terlalu perlu teman. Sementara orang Sanguinis yang Populer membutuhkan teman sebagai pendengar, dan orang Melankolis yang Sempurna perlu teman yang memberikan dukungan, orang Koleris yang kuat tidak memerlukan siapa-siapa di sekelilingnya. Orang Koleris yang Kuat bekerja untuk kegiatan kelompok kalau ada tujuannya dan dengan senang hati akan terjun mengorganisasi kegiatan mengumpulkan dana, tetapi dia tidak perlu membuang waktu untuk mengobrol.

Biasanya Selalu Benar. Orang Koleris yang Kuat punya antena bawaan untuk mengindera situasi, dan dia akan membuat pengumuman hanya kalau dia tahu bahwa dia benar. Sementara ciri khasnya merupakan aset besar,orang lain yang berurusan dengan orang Koleris yang Kuat tidak selalu menghargai riwayat rekornya.

Unggul dalam Keadaan Darurat. Orang Koleris yang Kuat menyukai keadaan darurat, sehingga mereka bisa muncul dalam situasi yang tidap terduga dan memimpin seluruh kelompok menuju arah baru.

MASALAH-MASALAH ORANG KOLERIS YANG KUAT

Orang Koleris yang kuat adalah Pekerja Keras

Pemecahan 1 : Belajarlah rileks

Pemecahan 2 : Sadari bahwa Workaholic itu tak pernah baik bagi diri

Pemecahan 3 : Singkirkan tekanan dari orang lain

Pemecahan 4 : Rencanakan kegiatan di waktu senggang

Ingat! Anda bisa rileks tanpa perasaan bersalah

Orang Koleris yang Kuat harus terkendali

Pemecahan 1 : Menanggapi kepemimpinan orang lain

Pemecahan 2 : Jangan menyepelekan “Si Tolol”

Pemecahan 3 : Berhentilah Memanipulasi

Ingat! Berhenti memanipulasi orang lain dan memanfaatkan “Si Tolol”

Orang Koleris yang Kuat tidak tahu bagaimana cara menangani orang lain

Pemecahan 1 : Latihlah kesabaran

Pemecahan 2 : Simpanlah nasehat sampai ada yang memintanya

Pemecahan 3 : Perlunak cara pendekatan Anda

Pemecahan 4 : Berhenti bertengkar dan menimbulkan kesulitan bagi orang lain

Baca Juga :  Personality Plus | Belajar Memahami Kepribadian Orang Lain : Watak Melankolis

Ingat! Tidak seorang pun yang menyukai pembuat kerusuhan yang tidak sabaran dan Sok Berkuasa!

Orang Koleris yang Kuat Benar Tetapi Tidak Populer

Pemecahan 1 : Biarkan orang lain benar

Pemecahan 2 : Belajarlah minta maaf

Pemecahan 3 : Akuilah Anda Punya Kesalahan

Ingat! Seandainya orang Koleris yang Kuat mau membuka pikirannya untuk menyelidiki kelemahannya dan emngakui bahwa dia punya sedikit kesalahan, dia bisa menjadi orang yang sempurna sebagaimana yang dikiranya.

APA YANG HARUS ANDA LAKUKAN JIKA BERTEMAN DENGAN ORANG KOLERIS YANG KUAT?!

  • Akuilah bahwa mereka berbakat pemimpin
  • Bersikeraslah melakukan komunikasi dua arah
  • Ketahuilah bahwa mereka tidak bermaksud menyakiti
  • Jangan memaksa kemujuran Anda
  • Berusahalah membagi-bagi bidang tanggung jawab
  • Sadarilah mereka tidak penuh belas kasihan
  • Ketahuilah bahwa mereka selalu benar

Ringkasan kekuatan dan kelemahan Koleris yang Kuat

EMOSI

Kekuatan

Berbakat pemimpin

Dinamis dan aktif

Sangat memerlukan perubahan

Harus mengoreksi kesalahan

Berkemauan keras dan pasti

Tidak mudah patah semangat

Bebas dan mandiri

Mengesampingkan keyakinan

Bisa menjalankan apa saja

Kelemahan

Suka memerintah

Tidak sabar

Cepat marah

Tidak bisa santai

Terlalu bergairah

Tidak emosional

Menyukai kontroversi dan pertengkaran

Tidak mau menyerah kalau kalah

Terlalu kuat

Kaku

Tidak mau memuji

Tidak menyukai air mata dan emosi

Tidak simpatik

PEKERJAAN

Kekuatan

Berorientasi tujuan

Melihat seluruh gambaran

Serba teratur

Mencari pemecahan praktis

Bergerak cepat untuk bertindak

Mendelegasikan pekerjaan

Wawasan tentang produksi

Membuat tujuan

Merangsang kegiatan

Terdorong oleh penentangan

Kelemahan

Sedikit toleransi terhadap kesalahan

Tidak menganalisis perincian

Bosan oleh hal sepele

Banyak yang membuat keputusan tergesa- gesa

Bisa kasar atau tidak taktis

Memanipulasi orang lain

Menuntut orang lain

Tujuan menghalalkan cara

Kerja bisa menjadi tuhannya

Menuntut loyalitas bawahan

TEMAN-TEMAN

Kekuatan

Tidak begitu memerlukan teman

Mau bekerja untuk kegiatan kelompok

Mau memimpin dan mengorganisai

Biasanya benar

Unggul dalam keadaan darurat

Kelemahan

Cenderung memperalat orang lain

Mendominasi orang lain

Memutuskan untuk orang lain

Mengetahui segala-galanya

Bisa melakukan segala-galanya lebih baik

Terlalu mandiri

Ingin menguasai kawan dan teman hidup

Tidak bisa minta maaf

Mungkin benar, tetapi tidak populer

Kepribadian Plus (Personality Plus) dengan Tambahan Khusus : Uji Profil Kepribadian.

Florence Littauer, Bina Rupa Aksara, Jakarta.

MasBied.com

About MasBied.com

Just Another Personal Blog